BAWA DOKUMEN ASLI!!

Dalam pengajuan permohonan paspor RI, diketahui bahwa pemohon diharuskan membawa:

  1. KTP
  2. KK
  3. Buku Nikah/ Ijazah/ Akta kelahiran
  4. Berkas-berkas lain yang sekiranya diperlukan sesuai dengan tujuan pembuatan paspor

Nah, berkas yang harus dibawa tersebut tentunya wajib dibawa yang aslinya. KENAPA HARUS ASLI?

Tersirat pada Permenkumham No. 8 Tahun 2014 Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksanan Paspor (SPLP) pasal 17 bahwa:

(1) Dalam hal Pejabat Imigrasi yang ditunjuk menemukan kecurigaan terhadap persyaratan permohonan, keterangan Pemohon, dan/atau keabsahan dokumen asli persyaratan, permohonan dapat ditangguhkan untuk dilakukan penelitian atau pemeriksaan lebih lanjut.

(2) Hasil penelitian atau pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dimuat dalam berita acara pemeriksaan.

(3) Dalam hal pemohon terbukti memberikan keterangan tidak benar terhadap persyaratan permohonan, keterangan Pemohon, dan/atau keabsahan dokumen asli persyaratan yang dimilikinya, Permohonan dibatalkan.

(4) Dalam hal Permohonan dibatalkan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) telah dialokasikan blangko Paspor biasa, Pejabat Imigrasi yang ditunjuk wajib membatalkan blangko Paspor biasa tersebut dan dicatat dalam Sistem Infomasi Manajemen Keimigrasian.

Jadi, sesuai dengan tugas dan fungsi keimigrasian, petugas wajib mengecek keabsahan berkas yang diajukan oleh pemohon. Selain untuk memastikan dokumen yang dibawa oleh pemohon itu benar, hal ini juga bertujuan untuk mengamankan pemohon dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, jangan takut apabila petugas keimigrasian meminta dokumen asli untuk ditunjukkan. Semua demi untuk keamanan kita bersama.