Pemalang – Kebijakan bebas visa yang diterapkan pemerintah kerap berbenturan dengan kebijakan selective policy. Topik yang menghangat inilah yang pagi ini menjadi salah satu bahan diskusi online meeting yang diselenggarakan Kanwil Kumham Jawa Tengah.

Kebijakan lalu lintas orang asing menjadi salah satu hal yang ramai melahirkan kebijakan karena berbagai kepentingan yang telibat didalamnya. Dilema yang dihadapi oleh petugas di lapangan bukanlah isapan jempol. Di satu sisi, Petugas Imigrasi harus mampu mengemban tugas mengamankan pintu negara dengan menerapkan kebijakan selective policy dimana hanya orang asing yang bermanfaat bagi negara saja yang diperbolehkan masuk ke negara ini, namun di sisi lain, petugas juga dibenturkan dengan kebijakan bebas visa yang membuka lebar pintu gerbang negara bagi siapapun yang hendak datang ke Indonesia.

Kontroversi ini menjadi bahan diskusi yang hangat pada pembahasan kebijakan terkait SIPKHUMHAM yang diadakan oleh Kanwil Kumham Jateng pada pagi hari ini. Diskusi yang diselenggarakan secara online ini dihadiri oleh UPT Keimigrasian di Jawa Tengah. Mewakili Kantor Imigrasi Pemalang, Kasi Statuskimm Suharto didampingi oleh Ariyanto Budiman, menghadiri daring tersebut dan aktif dalam diskusi yang diangkat.