STANDAR PELAYANAN BAP PENGGANTIAN PASPOR HILANG/RUSAK

Dasar Hukum :

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
  2. Permenkumham Nomor 13 Tahun 2015. Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia
  3. Permenkumham Nomor 8 Tahun 2014. Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor
  4. SOP Dirjen Imigrasi Nomor : IMI-GR.01.01-1103 rev 2 tanggal 27 Mei 2013 tentang Proses Penerbitan Paspor Penggantian
  5. Prosedur BAP pada Dokumen ISO Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang No : KIP/WAS/PK/002 tanggal 19 Nopember 2014

 

Persyaratan :

  1. Mengisi aplikasi  data  dan  melampirkan  dokumen  kelengkapan persyaratan yang terdiri atas:
  2. kartu tanda penduduk yang masih berlaku;
  3. kartu keluarga;
  4. akta kelahiran,  akta  perkawinan  atau  buku  nikah,  ijazah,  atau surat baptis;
  5. surat lapor kehilangan dari kepolisian setempat (bagi paspor hilang);
  6. paspor lama yang rusak (bagi paspor rusak)
  7. Penggantian paspor yang hilang/rusak diberikan setelah pembuatan Berita Acara Pemeriksaan dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.
  8. Dalam hal  dari  hasil  pemeriksaan  diperoleh  petunjuk  Paspor  biasa hilang  atau  rusak  sebagaimana  ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima,pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai dengan paling lama 2 (dua) tahun.
  9. Penggantian Paspor  biasa  karena  hilang  atau  rusak  disebabkan  karena  kecerobohan dikenakan biaya denda 2  (dua)  kali lipat dari biaya Paspor biasa yang hilang atau rusak.

 

Mekanisme dan Prosedur :

  1. Kedatangan pertama (H1)

Kedatangan pertama pemohon dilakukan proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) :

  1. Pemohon melakukan pendaftaran
  2. Pemohon datang ke kantor imigrasi membawa berkas persyaratan
  3. Pemeriksaan kelengkapan berkas
  4. Penjadwalan proses BAP
  5. Proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan
  6. Proses pembuatan Berita Acara Pendapat
  7. Keputusan Kepala Kantor

 

  1. Kedatangan Kedua (H2)

Apabila permohonan disetujui oleh Kepala Kantor :

  1. Melakukan pendaftaran secara online
  2. Foto dan wawancara dengan menunjukkan berkas asli
  3. Menerima resi pembayaran untuk melakukan pembayaran
  4. Melakukan pembayaran di bank

 

  1. Kedatangan Ketiga (H3)

Proses Pengambilan paspor :

  1. Pemohon mengambil paspor 3 hari kerja setelah pembayaran pada pukul 13.00 s.d. 15.00
  2. Menerima paspor