KEGIATAN PARA SISWA-SISWI PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI PEMALANG

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswasiswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini. 

Harapan utama dari kegiatan penyelenggaraan praktek kerja di dunia usaha atau industri ini disamping keahlian profesional siswa industri. Siswa juga memiliki etos kerja yang meliputi kemampuan kerja, motifasi kerja, inisiatif dan hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu dan rajin dalam bekerja. 

Pada periode ini terdapat 17 siswa yang melaksanakan prakerin di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang, yang berasal dari SMKN 1 Pemalang berjumlah 3 siswa, SMKN 1 Randudongkal berjumlah 4 siswa, SMK Texmaco Pemalang berjumlah 4 siswa, SMK PGRI 2 Taman berjumlah 4 siswa, dan SMKN 1 Petarukan berjumlah 2 siswa. 

Kegiatan prakerin pada hari SeninKamis dimulai pada pukul 07:30 WIB sampai pukul 16:00 WIB sedangkan pada hari Jum’at dimulai pada pukul 07:30 WIB sampai 16.30 WIB. Setiap hari SeninKamis diadakan apel pagi dan pada hari Jum’at diadakan apel sore yang diikuti oleh seluruh pegawai kantor dan siswa prakerin. Setelah selesai apel pagi, seluruh pegawai dan siswa prakerin memasuki ruangan masing-masing. Para siswa prakerin biasanya akan berpindah ruangan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pembimbing prakerin. 

Dokumentasi pelaksanaan apel pagi

Periode prakerin yang dilaksanakan oleh siswa-siswa SMK adalah selama 3 bulan. Siswa peserta prakerin ini dibagi dalam beberapa kelompok dan ditempatkan diruangan yang berbeda, dimana dalam 1 ruangan mengampu 3 – 4 siswa. Hal ini diharapkan agar para siswa dapat fokus dalam melakukan kegiatan prakerin dan pembimbing mudah dalam pembagian tugas kepada mereka. 

Kegiatan yang dilakukan oleh siswa prakerin di setiap ruangan berbeda, seperti di ruang TIKKIM  siswa prakerin bertugas untuk memberikan informasi tentang pembuatan paspor kepada pemohon melalui telepon yang masuk dan juga mengarsipkan berkas-berkas pemohon. 

Dokumentasi pengarsipan berkas-berkas pemohon 

Di ruang DOKLANTUSKIM siswa prakerin bertugas untuk membantu proses pencetakan paspor dan bertugas di bagian pelayanan. 

Dokumentasi proses pencetakan paspor 

Di ruang TATA USAHA siswa prakerin bertugas untuk menginput data keluar masuk barang di gudang. 

Dokumentasi penginputan barang 


Di ruang INTELDAKIM siswa prakerin bertugas untuk mencatat jadwal Berita Acara Pemeriksaan (BAP). 

Dokumentasi pencatatan jadwal Berita Acara Pemeriksaan (BAP) 

Setelah melaksanakan prakerin siswa diharapkan dapat mengambil pelajaran atas apa yang dilakukannya selama prakerin, dan dapat menumbuhkan etos kerja yang lebih baik untuk menghadapi dunia kerja pada masa mendatang.