Penghapusan Arsip

Hi Sobat Mido, Hari ini Kanim Pemalang berkesempatan melakukan kegiatan penghapusan berkas arsip.

Kenapa berkas arsip harus dihapuskan? Pasti banyak sobat Mido yang bertanya tanya. Perlu sobat Mido ketahui, setiap tahunnya, permohonan keimigrasian di area kerja Kanim Pemalang, yaitu dari Kabupaten Batang sampai Kabupaten Brebes, memiliki animo yang sangat tinggi. Banyaknya permohonan tentunya berbanding lurus dengan berkas yang harus ditangani dan sayangnya terkadang berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan yang ada. Seperti halnya darah kotor yang harus dibuang agar sirkulasi darah menjadi bagus, berkas arsip yang menumpuk membuat alur pelayanan dan pemberkasan menjadi berantakan. Tentunya Kanim Pemalang tidak ingin layanan Imigrasi menjadi terhambat dikarenakan menumpuknya berkas.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, setiap periode tertentu, Kanim Pemalang mengusulkan penghapusan berkas lama. Apakah nanti bermasalah? Tentu tidak, karena Imigrasi Pemalang sudah mendapatkan persetujuan dari ANRI yang merupakan big boss nya pengarsipan dokumen di Indonesia. Dengan turunnya surat persetujuan dari ANRI, Imigrasi Pemalang pada hari ini langsung mengeksekusi penghapusan berkas sebanyak 74 ribu berkas. Berkas yang Kanim Pemalang hapuskan adalah berkas dari periode awal tahun 2016 sampai tahun 2017.

Walaupun sudah dihapuskan segitu banyaknya, ternyata berkas Kanim Pemalang masih menggunung, oleh karenanya, tahun depan, Kanim Pemalang berencana untuk mengajukan lagi penghapusan berkas yang sudah sepantasnya dibabat.