Perhatian untuk seluruh Warga Negara Indonesia agar berhati-hati terhadap penawaran kerja dengan menggunakan status pemohon Nanmin (pengungsi/refugee) di Jepang

Hati-hati terhadap penawaran peluang kerja di Jepang yang mensyaratkan imbalan berupa uang yang pada akhirnya terjerumus mengajukan visa pengungsi.

Pengungsi adalah seseorang yang terusir/dipaksa keluar dari negaranya karena persekusi, perang, atau kekerasan. Seorang pengungsi memiliki landasan/alasan yang kuat terhadap ancaman persekusi yang disebabkan latar belakang suku, agama. kebangsaan, pandangan politik atau keanggotaan organisasi tertentu di masyarakat. Negara Indonesia tidak termasuk dalam kondisi negara yang menyebabkan orang terusir.

Permohonan status pengungsi Warga Negara Indonesia ditolak karena menggunakan alasan sebagai berikut:

  1. Mengaku ada permasalahan dengan teman. tetangga, rekan bisnis, mafia, terkait dengan hutang piutang atau sengketa bisnis.
  2. Mengaku adanya perbedaan pandangan polltik dengan pemerintah yang berkuasa.
  3. Mengaku akan dipersekusi/ancaman karena perbedaan kepercayaan/agama.
  4. Mengaku adanya kecemasan masalah keamanan di negaranya.
  5. Mengaku kemungkinan persekusi karena ras.
  6. Mengaku ada permasalahan dengan keluarga (warisan/perkawinan).
  7. Keinginan untuk bekerja di Jepang.

Petugas wawancara/interview Jepang mengetahui kondisi di Indonesia, sehingga dengan menyebutkan alasan yang disebutkan akan ditolak. Berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Kementertan Kehakiman Jepang,Warga Negara Indonesia pemohon visa pengungsi dari tahun 2013 s.d. 2017 tidak satupun permohonannya yang disetujui.

Berdasarkan peraturan hukum Jepang, pemohon visa pengungsi yang tidak disetujui oleh Kementerian Kehakiman tidak lagi mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan melanjutkan bekerja di Jepang. Bekerja di Jepang  tanpa menggunakan visa untuk bekerja merupakan pelanggaran Undang-undang Pengawasan Keimigrasian Jepang dengan ancaman deportasi, deportasi dengan satu (1) hingga sepuluh (10) tahun larangan masuk ke jepang.

Jadi, dihimbau  untuk  seluruh Warga Indonesia untuk berhati-hati dan waspada terhadap penawaran bekerja di Jepang dengan Visa Pengungsi. Tetap patuhi peraturan  yang berlaku di negara tujuan berkerja anda.

Source : https://www.imigrasi.go.id

ArabicChinese (Simplified)Chinese (Traditional)EnglishFrenchGermanIndonesianRussian