Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2020

Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2020 di Tengah Wabah COVID-19
.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan KI, Persatuan Bangsa-Bangsa melalui organisasi KI dunia atau World Intellectual Property Organization (WIPO) pada tahun 2001 menetapkan bahwa setiap tanggal 26 April diperingati Hari KI Sedunia, merujuk pada Konvensi Pembentukan WIPO pada 14 Juli 1967 sebagai hari berdirinya WIPO.
.
Dalam memperingati Hari KI ke-20 tahun ini, WIPO mengusung tema ‘Innovate for a Green Future’, untuk menyampaikan pesan bahwa inovasi yang diciptakan untuk masa depan haruslah ramah lingkungan.
.
Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, mengusung tema “Selebrasi dari Rumah: Tetap Sehat dalam Kebersamaan, selalu Kreatif dan Inovatif”. Mengingat kondisi yang dialami Indonesia saat ini dalam melawan wabah COVID-19 mengharuskan setiap orang menjaga jarak dan membatasi kegiatan namun jangan sampai masyarakat Indonesia berhenti dalam berkreasi dan berinovasi.
.
Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari KI Sedunia, DJKI berinisiatif menggelar IP Talks From Home yang membahas mengenai KI melalui live streaming video conference di kanal YouTube dan Instagram resmi DJKI pada tanggal 24 hingga 26 April 2020.
.
Menghadirkan pakar-pakar yang berkompeten dibidang KI, IP Talk ini memberi ruang diskusi dan edukasi dalam hal pelindungan hak cipta, khusus terkait persoalan royalti, paten, desain industri, serta kekayaan intelektual komunal (KIK).
.
Pada tahun ini DJKI juga mencanangkan Tahun KIK sebagai program unggulan untuk meningkatkan inventarisasi KIK ke dalam database Data Nasional KIK DJKI dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi KIK sebagai cara pemerintah untuk melindungi keanekaragaman budaya dan hayati Indonesia, memperkuat kepemilikan KIK dan mencegah pihak asing untuk membajak atau mencuri KIK Indonesia.