Pagi ini, Imigrasi Pemalang bekerjasama dengan BNN Kabupaten Purbalingga mengadakan sharing bahaya narkoba bagi ASN serta tes urin bagi seluruh pegawai dan karyawan Kantor Imigrasi Pemalang, termasuk yang bertugas di UKK Brebes dan UKK Pekalongan.

Kegiatan dibuka oleh Bp. Arvin Gumilang selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang yang menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah merupakan Upaya Kantor Imigrasi Pemalang untuk mendukung Rencana Kerja Nasional Pemberantasan Narkoba.

Selain itu, tagar WAR ON DRUGS sejalan dengan spirit ASN Berakhlak yang melandasi semangat perubahan Imigrasi Pemalang Pasti Gemilang. Karena itulah diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini maka hendaknya ASN, khusunya di Imigrasi Pemalang, mampu menanamkan spirit berantas Narkoba ini dan benar-benar tidak menyalahkan narkoba. Selanjutnya, kepala BNN, AKBP Sharlin Tjahaja Frimer Arif, memberikan sambutan dan kemudian sekaligus memberikan paparan mengenai War On Drugs yang tidak hanya sebatas slogan, namun juga benar-benar tindakan nyata yang dimana salah satu ujung tombaknya adalah BNN

Selain sharing ilmu dan pengalaman mengenai bahaya penyalah gunaan narkoba, giat hari ini dilengkapi juga dengan tes urin yang ditargetkan kepada seluruh ASN maupun karyawan, termasuk di dalamnya yang ditugaskan di UKK Pekalongan dan UKK Brebes. Perlengkapan tes urin didapatkan dari Rutan Pemalang yang berbaik hati mau memberikan peralatan tes urin agar dapat dipakai untuk pengecekan pada giat kali ini.

Tes urin dilakukan secara langsung dengan direct sampling. Peserta tes urin terlebih dahulu mengisi blanko data dan riwayat penggunaan obat, dan kemudian diberikan botol kosong sebagai medium tes urin. Kemudian peserta tes di persilahkan mengisi botol tersebut sesuai dengan ketentuan, ada minimal level yang harus terisi, tapi tidak perlu sampai terisi penuh.

Hasil tes yang keluar menunjukkan bahwa SELURUH ASN dan Karyawan Kantor Imigrasi Pemalang, negatif narkoba